Aleppo Citadel: Glimpses dari Masa Lalu

Pengantar
Sejak awal, Benteng telah diberi nama setelah kota Aleppo. Bukti dari penggalian arkeologi di Al-Qaramel Hill, pinggiran kota Aleppo, mengungkapkan adanya rumah hunian lingkaran yang kembali ke milenium kesepuluh SM dan ukiran di batu (rumah gua) dan penggalian di sekitar Aleppo mengkonfirmasi bahwa itu adalah kota tertua di dunia yang masih dihuni. Aleppo telah rusak sebagai akibat perang, invasi, gempa bumi dan wabah epidemi, namun kota ini terus meningkat dari reruntuhan dan bertahan.
Kota Aleppo disebutkan dalam tablet dari Mari dating ke 2850 SM dihancurkan oleh Rimoch yang Acadian di tengah milenium ketiga SM dan oleh orang Het di bagian awal milenium kedua SM Aleppo telah ditaklukkan oleh Mitanians, Mesir, Babilonia, Assyria dan Persia. Sejak 330 SM Aleppo merupakan bagian dari Lingkaran Yunani dan dikenal sebagai 'Bereoa'.
Aristoteles, filsuf, yang dikawal tentara Alexander the Great, Aleppo menikmati iklim yang baik dan suasana bersih. Dia memilih kota untuk tinggal di saat memulihkan diri dari penyakitnya. Ketika Salocus Nicator dibangun kembali kota di 312 SM, ia direnovasi Benteng dan digunakan sebagai garnisun militer. Dia membangun jalan lurus, yang masih ada saat ini, antara Al-Zarb Pasar di timur ke Antiokhia Gate di barat dan bercabang ke 39 souks tertutup (pasar).
Pada 64 SM Pompious memprakarsai hubungan antara Aleppo dan Eropa, dan itu terus berkembang selama Era Romawi. Karena lokasinya yang strategis, Aleppo menjadi pusat keagamaan dan ekonomi penting. Di Era Bizantium, Aleppo adalah pusat Kristen yang besar. Helen, ibu Kaisar Konstantin, dibangun katedral besar yang telah dikonversi menjadi sebuah sekolah dan masjid di 1124 CE selama pengepungan Tentara Salib di Aleppo. Katedral sekarang sekolah Al-Halaweih.
Dari 636 Masehi dan seterusnya, Aleppo berada di bawah aturan, Umayyah Abbasiyah, Seijuks, Zankis, Ayyubiyah, Mamlouks dan Ottoman. Melalui Eras dan selama ribuan tahun, Aleppo terus menjadi pusat ekonomi menghubungkan benua dan lautan dalam perdagangan sutra, rempah-rempah, tekstil dan parfum. Banyak elemen membantu menciptakan's keunikan Aleppo, beberapa di antaranya: 

1 - kesuburan baik lahan pertanian  

2 - Batugamping yang memberikan kekuatan dan ketahanan bangunan
 

3 - lokasi strategis dan kemudahan gerakan ke timur dan barat
 

4 - koneksi baik dengan Anatolia dan Semenanjung Arab
 

5 - Budaya dan variasi demografi kota selama sejarah panjang
 

6 - Menjadi pusat komersial yang menghubungkan Eropa dan Timur Jauh

Meskipun demikian, perbedaan politik antara Eropa dan negara-negara Islam berturut-turut, Aleppo tetap menjadi pusat utama untuk perdagangan internasional. Meskipun keganasan perang Tentara Salib, Aleppo menandatangani perjanjian komersial pada tahun 1207 Masehi dengan Negara Venesia di bawah kekuasaan Al Zaher Ghazi Al-Ayyubiyah. Ini adalah perjanjian ekonomi pertama antara Eropa dan Dunia Arab Timur. Perjanjian ini diperbaharui selama Era Mamlouk untuk memasukkan seluruh kota-kota Italia, Portugal, Spanyol, dll
Selama era Ottoman, yang berlangsung selama lebih dari 400 tahun, Aleppo adalah ibukota Kekaisaran ekonomi yang diperpanjang dari Danube di barat ke Irak di timur dan lebih dari Afrika Utara dan Semenanjung Arab. Beberapa sejarawan menyatakan bahwa barang yang memakan waktu tiga bulan untuk dijual di Kairo dijual hanya dalam satu hari di Aleppo. Pada 1535, Sultan Ottoman menandatangani perjanjian dengan Francois Pertama, raja Perancis, yang meningkat dan menyegarkan Komunitas Perancis di Aleppo.
Volume perdagangan Aleppo dikalikan beberapa kali dalam 25 tahun pertama periode Ottoman. Pasar dan penginapan diperluas, dan jumlah konsulat, masyarakat asing, dan delegasi perdagangan Eropa dan internasional meningkat. Konsul Perancis di Aleppo pada tahun 1680, Darviyo, menunjukkan bahwa ada 75 konsulat dan komersial melekat di kota pada waktu itu. Aleppo memiliki populasi 300.000 orang yang mewakili berbagai sektor dan ras. Aleppo menderita pukulan hebat dengan peresmian Terusan Suez pada tahun 1869. Canal memindahkan perdagangan dari jalan ke laut dan, sebagai hasilnya, Aleppo kehilangan 93% dari pergerakan perdagangan.

Gambar 2. Suatu pandangan umum dari Benteng Aleppo (Gambar diambil dari http://www.syrianstudents.com).
Sejak Century Ketigabelas, Aleppo telah menerima Fransiskan, Caboushite, Karmel dan Jesuit misionaris. Ada ratusan riwayat dan tulisan-tulisan di Aleppo oleh berbagai pelayar, konsul, dan pedagang Eropa yang mengunjungi atau tinggal di kota. Yang paling terkenal ini adalah:
Lamartine, Bardwill, Foster, Masson, Le Mans, De Rauwaiff, D'Arvieux, Volney, Dondolo, Rampels, John David, Lawrence, dan Gernrodebl.
Kota ini adalah contoh yang baik dari toleransi, berpikir bebas dan beberapa ras. Ada banyak gereja dan 11 sektor Kristen, hidup berdampingan dengan Muslim dan menikmati kebebasan, toleransi dan saling pengertian. Semua orang sama di bawah hukum yang sama.
Aleppo telah digambarkan oleh label beragam seperti "Asia Athena", "Kecil London", "Paris Kecil", "Terbersih dan paling indah di kota Kekaisaran Ottoman", "Aleppo supercedes Kairo", Aleppo, "Benteng dari Levant ", yang" Aleppians adalah orang-orang terbaik di Kekaisaran Ottoman ".
Aleppo dan The Citadel:
I. Sejarah:
Sejarah Benteng adalah saling terkait dengan Aleppo. Penggalian di Benteng digali batu batu dating kembali ke milenium ketujuh SM di sebuah kuil dari dewi lama Aleppo, menunjukkan bahwa Benteng adalah baik Acropolis kota dan tempat ibadah. Penggalian terus mengungkapkan fakta-fakta luar biasa tentang sejarah Benteng dan kota Aleppo.
Sebagai Acropolis Aleppo, Benteng berisi kuil-kuil para dewa dari trinitas suci Aleppian, Hodod, untuk meringankan dan badai, Shamsh, untuk matahari sebagai simbol untuk keadilan, dan Sin, untuk sabit sebagai simbol untuk waktu, serta sebagai dewa lainnya seperti Doujon, dewa kesuburan. Nama dewa ini telah diubah dengan pemerintah yang berturut-turut orang Amori, orang Het, Mitanics, Yunani dan Roma. Selama periode Byzantium, Benteng menjadi tempat ibadah Kristen, dan Bizantium membangun dua gereja. Masjid dibangun selama periode Islam.
Sejarah memberitahu kita bahwa Salocus Nicator, penerus besar Alexander, adalah yang pertama untuk menggunakan benteng Citadel militer untuk pertahanan dan bahwa ia digunakan sebagai tempat tinggal militernya. Namun, Roma dan Byzantium digunakan sebagai kediaman resmi gubernur kota, dan dua gereja baru dibangun selama Era Bizantium.
Muslim Arab memasuki kota Aleppo damai pada tanggal 16 AH/637 CE Mereka tidak, bagaimanapun, menggunakan Benteng sebagai kawasan tempat tinggal bagi gubernur karena mereka telah membangun istana bagi diri mereka sendiri di luar kota, seperti Al-Naoura Istana, dibangun Mouslemeh bin Abdul-Malek, sedangkan Hader Al-Sulimany Istana, dibangun oleh Souleiman bin Abdul-Malek, dan Istana Batyas, dibangun oleh Saleh bin Ali, Abbasiyah.
Sejak Era Seif Al-dawlah Al-Hamadani, Benteng digunakan sebagai pusat militer dibentengi melawan agresi Bizantium. Setelah Nacfor Focas menghancurkan Istana Al-Halaba luar Gerbang Antiokhia pada 351 Hijrah, 962 Masehi, Saad Al-doula menggunakan Benteng sebagai markasnya. Benteng diakui sebagai kediaman otoritas politik selama periode Mardas Bani selama 414-472 AH dan dengan demikian sangat hati-hati diambil dengan benteng, konstruksi dan dekorasi Benteng.
Selama periode Zankis, Nur Al-Din direnovasi Benteng dan membangun kandang dan sebuah masjid, yang masih ada. Dia juga dibangun sebuah penjara untuk tawanan perang musuh Barat nya. Sejumlah Tentara Salib pangeran seperti Raja Yerusalem, dan De Caption, Pangeran Antiokhia, dipenjarakan di sana.
Benteng mencapai puncaknya kemuliaan selama periode Al-Zaher Ghazi, yang memerintah Aleppo selama tiga puluh tahun, dan membangun gedung yg banyak. Era Al Zaher, anak dari Salah Al Din Al-Ayyoubi, dianggap sebagai "Golden Age" dari Benteng Aleppo. Bentuk saat ini Benteng tanggal kembali ke waktu itu. Al-Zaher dibangun 26 bangunan untuk melayani sebagai istana, masjid, hamamat (mandi), air tangki air, menara, bangunan dan gudang. Ia menggali Moat sekitar Benteng dan membuka dinding dengan batu. Al-Zaher juga membangun sebuah istana nDar Al-Izz (House of Glory), yang dianggap sebagai karya arsitektur. Al-Zaher Ghazi menikah Ratu Diafa Khatoun di Benteng, dan diyakini bahwa ia memainkan peran utama dalam merenovasi Benteng. Selama masa Al-Zaher Ghazi, Benteng menjadi tempat tinggal Royal penuh dengan bangunan benteng militer, serta sebagai kota mandiri dalam kota Aleppo.

Gambar 3. Di dalam Benteng Aleppo (Gambar diambil dari http://www.syrianstudents.com).
Dalam Hijra/1260 658 CE, dan setelah runtuhnya Baghdad, Holako dikelilingi kota Aleppo, dan Aleppo diduduki sesuai dengan Perjanjian Rekonsiliasi tercapai. Namun, Holako tidak menghormati perjanjian ini dan, bersama dengan Raja Armenia (Sis), menghancurkan kedua kota Aleppo dan Benteng dan membunuh para pengawal Benteng. Setelah kekalahan Tatar dalam pertempuran Ain Jalout, mereka meninggalkan Aleppo, tapi kembali kembali satu tahun kemudian dan menghancurkan apa yang telah dibangun. Namun, masing-masing Bibars, Kalawoon dan Al-Ashraf Khalil, direnovasi beberapa bangunan di Benteng, tapi belum pernah sama seperti yang selama periode mulia tersebut. Pada tahun 1400 CE, Timourlane juga menaklukkan Benteng dan hancur bersama dengan kota Aleppo. Sebagai hasil dari serangan ini, beberapa warga kota Aleppo lolos, tetapi sebagian besar dari mereka yang tersisa tewas.
Gubernur Mamlouk kota Aleppo (Jokoum) melakukan upaya-upaya yang signifikan dalam membangun kembali bagian menghancurkan dari Benteng dan direnovasi Moat untuk mempertahankan gaya Ayoubian nya. Dia juga membangun dua menara di sisi Utara dan Selatan dan mulai membangun Aula Royal (Kait Al-Arsh) yang diselesaikan oleh Mamlouk Sultan Al-Mouaed Sheikh. The Sultan Kaitbaye membangun kembali langit-langit Aula Royal, dan Sultan Kansoua Al-Ghouri selesai pekerjaan, menambah sebuah sembilan mengagumkan dooms. Dia juga menggunakan Benteng sebagai tempat strategis untuk pertempuran besar dengan Sultan Salim Al-Utsmani.
Ketika Mamluk dikalahkan dalam pertempuran Dabek Marj pada tahun 1516, Benteng Aleppo dan yang menjadi bagian dari Provinsi Ottoman (Welayat) dan Benteng kalah pentingnya militernya. Gubernur Utsmani yang digunakan secara berkala, meskipun mereka tinggal di istana-istana lainnya sebagian besar waktu. 1822 Gempa menghancurkan bagian utama dari Benteng dan Ibrahim Basha Mesir rusak parah Benteng ketika ia mengambil batu trotoar dari Moat Benteng untuk membangun barak militer di dalam benteng.
Selama Pendudukan Perancis, sebuah brigade pertahanan ditempatkan di Benteng. Pada dekade kedua awal abad terakhir, Kolonel Perancis Wigan mencuri Mouhrab, yang apsis kayu megah, dari masjid Al-Khalil Ibrahim di Benteng, dan diangkut ke Perancis, dimana masih saat ini. perampokan Ini adalah alasan bahwa Masyarakat Adiyat didirikan pada tahun 1924, oleh inisiatif dari Sheik Kamel Al-Ghazi, menyerukan perlindungan benda antik dan warisan.
Sejarah Benteng menunjukkan bahwa itu adalah benteng militer yang paling efektif dalam sejarah Islam. penakluk Tidak bisa memasukkannya dengan paksa dan itu hanya melalui perjanjian rekonsiliasi yang mereka mampu melakukannya. Beberapa penakluk seperti Nekfor Focas, Holako, dan Timourlane melanggar perjanjian ini dan merusak Benteng.
II. Eksternal Struktur dan Fitur:
Benteng memiliki bentuk oval, dikelilingi oleh suatu Moat. Ini adalah 550 m panjang dan 350 m lebar di bagian bawah. Acropolis di atas adalah 38 m. Parit itu adalah 30 m dan lebar 22m dalam (itu kurang mendalam sekarang karena akumulasi tanah di dalamnya). Fitur yang paling menonjol dari Benteng adalah:
A. Moat ini:
Hal ini diisi dengan air pada saat pengepungan untuk membentuk sebuah penghalang defensif terhadap penyerang. Mereka yang memerintah kota dan Benteng yang ingin mengurus Moat dengan pendalaman itu, memperkuat poin rapuh, dan paving tanah dengan batu besar.
The Moat telah pegunungan terjal dengan banyak bagian ditutupi oleh batu besar persegi panjang 100 x 40 cm. Sebagian besar batu kembali ke Era Ghazi Al-Ayyubiyah. bagian lain dari Moat yang berbatu oleh alam.
Hal ini diketahui bahwa Benteng dibangun di atas bukit alam, di mana bangunan dibangun untuk membentuk sebuah campuran tahan lama bukit alam dimahkotai dengan bangunan buatan manusia. Pegunungan yang curam dan ubin kelancaran Moat menghambat serangan penjajah.
B. Masuk Utama:
Terhubung ke gerbang eksternal dengan sebuah jembatan delapan-arch. Bagian bawah jembatan akan kembali ke Era Al-Zaher Ghazi dan atas kembali ke periode Mamluk. Gerbang samping dibangun untuk mencegah musuh dari memaksa jalan mereka dalam menggunakan palu godam. Pada pintu yang terukir ular serta nama Qalawun dan Al-Ashraf Khalil.
C. Gate Ketiga:
Hal ini ditemukan di Menara mewakili Entrance Utama, di mana dua singa yang diukir dengan sebuah pohon kurma di antara keduanya. Pada akhir pintu masuk, ada empat pintu yang disebut pintu "Tertawa dan Lions Menangis". Ini kembali ke Era Al-Zaher Ghazi Al-Ayyubiyah. Di daerah antara semua pintu kamar dan lubang yang digunakan untuk pertahanan dengan melemparkan cairan mendidih dan batu pada penyerang. Tempat suci Al-Kheder (St George) dekat dengan pintu terakhir.
D. Gorge Utama:
Kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi dan perang jelas benar terlihat setelah melewati gerbang defensif. Di sisi kanan, tangga dapat dilihat yang mengarah ke sebuah sumur yang disebut "Al-Satour" (Ax). The Royal Palace Ayyubiyah datang berikutnya, diikuti oleh penjara yang sebelumnya air waduk. Selain penjara kebohongan sisa-sisa sebuah kuil orang Het dari abad 10 SM, di mana terdapat sebuah batu basal yang mewakili trinitas Aleppian (Hadad, Shamsh, dan Sin). Penggalian saat ini sedang berlangsung di situs ini.
Di sebelah kiri bagian ini, ada Hammam (Bath) dan masjid Ibrahim Al-Khalil, dari mana kayu Mihrab (apsis) dicuri dan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan periode Nur Al-Din Al-Zanki. Di sisi kiri atas adalah masjid besar, yang dibangun oleh Al-Zaher Ghazi, dengan bentuk persegi yang Ayyubiyah Minaret menghadap ke kota Aleppo.
E. Barak dari Basha Ibrahim:
Terletak di selatan-timur Benteng, barak Ibrahim Basha, dibangun pada tahun 1934, saat ini digunakan sebagai Museum of Antiquities di Benteng. Di samping ini adalah sebuah kanal dengan 225 anak tangga yang terkait dengan tiga outlet dari Citadel. Sebuah terowongan dekat mengarah ke sebuah ruangan besar yang digunakan untuk menyimpan gandum pada zaman Islam dan yang mungkin juga telah digunakan sebagai air yang ditampung selama Era Bizantium.
F. Royal Palace dan Hammam:
Sumber menunjukkan bahwa Istana dibangun selama periode Al-Malek Al-Aziz Mohamed, putra Al-Zaher Ghazi. Hari ini, semua yang tersisa dari Istana adalah jejak kamar, satu meter, lengkungan yang indah dan niche. Belakang dan di sebelah timur Istana adalah Hammam, atau Bath, dating kembali ke masa Yousuf, putra kedua dari Al-Aziz Mohamed. Lantai Hammam ditaburi dengan batu hitam dan putih, dan telah mengangkat kursi untuk istirahat, ruang cuci, dan memperpanjang pipa air panas-dan-dingin. The Hammam telah dipulihkan dan berfungsi penuh hari ini.
G. Hall Royal:
Ini dibangun di atas pintu masuk utama Benteng, dan Hall menghadap ke makam Al-Zaher Ghazi Al-Ayyubiyah yang terletak di sekolah Al-Soultanieh Al-Madrasah. Hall hampir persegi (26,5 x 23.5m). masuk Its memiliki ornamen indah dan kuning, hitam dan ukiran batu putih. Jakam Saif Al-Din, Mamluk, mulai membangun Aula Royal, dan Al-Mouad Sheik selesai itu. Hall dipulihkan oleh Katbai, dan Sultan Kansoh A1-Ghori direnovasi sembilan langit-langit berkubah.
Hall Royal saat ini sedang dalam restorasi dan kubah langit-langit yang telah dihancurkan dan diganti dengan tingkat langit-langit langsung untuk mempertahankan gaya rumah Aleppian terkenal. Ada jendela kecil di Hall yang dirancang untuk menembak panah dan tuangkan minyak terbakar pada musuh. Salah satu sudut Hall memiliki pintu yang mengarah ke jalan rahasia ke dalam pertahanan Hall di Entrance Utama. Ini bagian depan dari Hall memiliki jendela besar di mana kata-kata berikut tertulis: "Masukkan Perdamaian dan Keamanan".
H. Towers Utara dan Selatan:
Menara ini dibangun oleh Pangeran Seif Al-Din Jakam dan direnovasi oleh Sultan Kanso Al-Ghori. Tampak bahwa mereka pernah terkait dengan bangunan utama dari Benteng dan Rumah Kehakiman yang menghadap Benteng melalui terowongan rahasia.
III. Sisa Tulisan:
Ada lebih dari empat puluh tulisan Arab di Aula. Yang tertua dilakukan pada periode Mardas dan dikenakan nama Mahmoud bin Nasr bin Saleh yang Mardas, 465 AH/1073C.E.
Ada tulisan dari periode Nur El-Din Al-Zanki dan banyak lainnya dari periode Ayyoubid Al-Zaher Ghazi dan putranya Al-Aziz Mouhamed. Ada juga tulisan-tulisan Mamlouk bertuliskan nama-nama Hakam, Barkouk, Al-Mouayed Sheik, Katbai, dan Kanso Al-Ghouri.
Hanya ada satu tulisan Ottoman dari periode Soulaiman Al-Kanoni AH/1521 928 CE
IV. Luar biasa ungkapam tentang Aleppo:
Banyak wisatawan yang besar telah mengunjungi Aleppo Citadel masa-masa berturut-turut, dan banyak puisi ditulis tentang hal itu. Berikut adalah contoh dari apa yang telah ditulis tentang Citadel:
• Al-Khalidi, penyair Saif Al-dawlah berkata:
"Sebuah megah sedang, dan tak tertundukkan Dengan menonton tinggi pengendalian dan sisi unscaleable The semprotan atmosfer tipis awan di atasnya dan memakainya sebagai kalung dengan bintang-bintang bersinar Tampaknya melalui kilat Sebagai perawan antara awan"
• Ibn Al-Zaki, selamat Salah Al-Din untuk menaklukkan Benteng dengan mengatakan:
"Membuka Aleppo Citadel di bulan Safar oleh Anda adalah pertanda baik untuk membuka Yerusalem pada bulan Rajab"
• Setelah mengunjungi Aleppo, para musafir besar Ibnu Jouber berkata:
"Ini memiliki Citadel terkenal menghambat penyerang dan untuk tinggi yang luar biasa. Hal ini mirip dengan ada benteng lain. Hal ini kebal terhadap penaklukan".
• Ibn Battuta telah mengunjungi Aleppo selama perjalanan dan menjelaskan Benteng:
"Di dalam Benteng Aleppo terdapat dua sumur air, demikian tidak takut memanggang dengan haus. Hal ini dikelilingi dengan dinding melindungi dan parit besar dengan mata air dinding ini dimahkotai dengan menara tinggi dekat satu sama lain dengan bukaan dinding Setiap menara. dihuni dan makanan tetap tidak berubah dalam Benteng untuk waktu yang lama ".
• Al-Biruni Benteng dianggap sebagai salah satu dari tiga keajaiban dunia dan Yakout A1-Hamawi telah sangat mengaguminya dalam bukunya "The Kamus Negara."
• Lainnya wisatawan asing yang besar dan pengunjung yang menggambarkan Benteng meliputi:
Darvio, Konsul Perancis di Aleppo (1679-1686), Bokok, Inggris, Rosso, Perancis, Russell saudara, Inggris, Super Nheim, Huzer Flid, Van Barshem, Sovagieh dan Beiwadi Rotro.
• Di era terakhir, Benteng telah dipuji oleh banyak penyair, di antaranya penyair Abdullah Yourki Hallak, yang mengatakan:
"Sementara Waktu menjadi tua, yang Tetap ofAleppo Benteng muda Duduk bukit membingungkan para penakluk terkuat Suatu hari Waktu ditanya siapa Anda bangga Al Shahba (salah satu nama Aleppo) Waktu bangga menjawab".
REFERENSI: 

1. Muhammad Ragib b. Mahmud b. Hashim al-Halabi Ragib di-Tabbakh. I'lam an-nubala bi-târihi Halab abu-Shahba. (The bangsawan terkenal di Sejarah Aleppo)
 2nd ed. Aleppo: Al-Matbaat al-Ilmiyye, 1923. 

2. Al Ghazi,
 The History of Aleppo Al-Ghazzi, Sungai Emas di Sejarah Aleppo "- dicetak di 1342. 

3 monumen. Soubhi Inggris Saouaf. Aleppo masa lalu dan: saat ini, sejarah, benteng tersebut dan museum. antik Edisi [diterjemahkan dari bahasa Prancis] oleh George F. Miller.. 1958
 

4. Charles-Dominique, P., arabes Voyageurs,
 Ibnu Fadlan, Ibn Jubayr, Ibn Battuta Anonyme et un auteur , Gallimard, 1995. 

5. A. Russell. sejarah alami dari Aleppo: berisi deskripsi kota, dan produksi alam utama di tetangganya,. 2nd, ed. / direvisi, diperbesar, dan diilustrasikan dengan catatan oleh 1969 P. Russell. Farnborough Hants: Gregg.
 

. Sha 6 'ath, Shawqi.
 Qal'at Halab). (The Citadel of Aleppo . Aleppo. 

7,. Sauvaget Jean. Alep.
 Essai sur le Développement d'une grande ville des syrienne asal au milieu du XIXe Siecle , Paris 1941. 


8. Ibn Al-Shahneh,
 Terpilih Mutiara Kerajaan Aleppo. Les perles choises (Matériaux pour l'histoire à server de la ville d'alep, I.) , Penjabaran. oleh Jean Sauvaget, Beirut 1933 (Memoires de l'Institut Francais de Damas ).
oleh: FSTC Limited 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 TEMPAT YANG TIDAK BISA KAMU KUNJUNGI

Tata Ruang, Pembangunan dan Konversi Lahan Dalam Islam

Taman Kota di Era Keemasan Islam